Pelantikan Pramuka 2016

by - 23.00

Pelantikan pramuka merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh tim pramuka SMP Labschool Jakarta untuk melantik anggota pramuka penggalang kelas 7. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Februari 2016 di Studio Alam TVRI, Depok. Adapun tujuannya adalah untuk melatih kekompakkan, kebersamaan, serta kerja sama sesama regu. Peserta pelantikan pramuka meliputi semua siswa-siswi kelas 7 SMP Labschool Jakarta, yang dibagi menjadi beberapa regu. Untuk perempuan, nama regunya diambil dari nama-nama bunga, sedangkan regu laki-laki nama regunya diambil dari nama-nama binatang.Yang harus disiapkan untuk kegiatan ini adalah tongkat, bendera semapor, tali pramuka, seragam pramuka lengkap, dsb.

Pelantikan pramuka diawali dengan apel pembukaan di Labschool, yang dilanjutkan dengan perjalanan menuju Studio Alam. Kami berangkat ke sana menggunakan tronton. Setiap tronton terdiri dari empat regu. Perjalanannya kira-kira selama satu setengah sampai dua jam. Sesampainya kami di sana, kami dikumpulkan di lapangan untuk baris sesuai regu masing-masing. Lalu ketua kelompok diberi pengarahan oleh pembina pramuka agar mengarahkan regunya masing-masing untuk menyiapkan barang-barang yang akan digunakan untuk kegiatan wide games. Barang-barang yang digunakan antara lain : tongkat, tali pramuka, bendera semapor, alat tulis, minum dll. Sebelum wide games dimulai, kami harus mengerjakan soal yang diberikan oleh pembina. Saat sudah selesai, kami langsung mengumpulkannya dan baris sesuai regu untuk dipanggil.

Setelah itu, acara wide games pun dimulai. Kami harus jalan mengikuti arah yang sudah ditentukan yaitu dengan mengikuti pita merah yang digantung di pohon. Sampai di pos pertama, kami langsung laporan ke penjaga pos dan di sini kami harus menyebutkan kode kehormatan pramuka. Kode kehormatan pramuka meliputi Tri Satya dan Dasa Darma. Selain itu kami juga harus mengetahui cara mengamalkan isi-isi dari Dasa Darma.

Kemudian, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju pos kedua. Sampai di pos kedua, kami langsung melaporkan regu kami. Di sana, kami harus menghafalkan huruf-huruf dengan bendera semapor dari A sampai Z. Kalau sudah hafal, kami diberi pertanyaan tentang apa kalimat yang disebutkan oleh penjaga pos. Setelah menjawab, baru kami bisa melanjutkan ke pos ketiga.

Seperti di pos-pos sebelumnya, sampai di pos ketiga kami langsung melapor regu kami ke penjaga pos. Di pos tersebut, kami harus membuat tandu. Kami membuat tandu dari tongkat yang diberikan oleh penjaga pos dan tali pramuka. Dalam membuat tandu, kami juga dibantu oleh kakak-kakak kelas kami yang ikut dalam kegiatan ini. Setelah selesai membuat tandu, harus ada satu orang yang mencoba menggunakan tandu dan yang lainnya mengangkat. Kalau sudah berhasil, kami langsung melanjutkan kegiatan ke pos keempat.

Sampai di sana, kami lapor, lalu kami harus melalui halang rintang. Yaitu dengan membawa salah satu teman kami yang pura-pura menjadi orang sakit melalui beberapa rintangan seperti melewati tali ataupun hullahoop dan tidak boleh sampai mengenai tali atau hullahoop tersebut. Setelah berhasil melalui halang rintang, kami langsung melanjutkan kegiata ke pos kelima.

Di pos kelima, kami mempelajari tentang Peraturan Baris Berbaris atau yang biasa disebut PBB. PBB yang harus kami ketahui adalah bagaimana sikap siap gerak, istirahat di tempat gerak, hormat, dsb. dengan menggunakan tongkat pramuka. Pos ini merupakan pos terakhir yang mengakhiri kegiatan wide games.

Kemudian, kami diperbolehkan untuk istirahat, sholat, dan makan (ishoma). Pada saat makan, kami harus menggelar tikar untuk masing-masing kelompok sebagai alas di atas rumput. Kami pun memakan makanan yang sudah kami bawa dari rumah. Setelah ishoma selesai, kami dibariskan kembali sesuai regu masing-masing seperti biasanya di sekolah. Lalu, kami latihan apel penyematan tanda pelantikan pramuka, yang dilanjutkan dengan apel penyematan pelantikan pramuka penggalang. Lalu, kami juga dapat menyaksikan penampilan dari tim lomba semapor yang sudah lomba dan mendapat juar dua pada lomba tersebut, dan istirahat sejenak.

Kemudian, kami siap-siap untuk pulang menuju Labschool. Kami pulang menggunakan tronton lagi seperti saat kami pergi ke sini. Saat sudah sampai di Labschool, kami boleh langsung pulang ke rumah masing-masing.



You May Also Like

0 komentar