Ekstrakulikuler di SMP Labschool Jakarta

by - 03.55

Halo, kali ini aku bakal menceritakan tentang ekstrakulikuler (atau yang biasa disebut ekskul) yang ada di sekolahku, yaitu labschool jakarta. Di sini, terdapat banyak sekali ekskul, diantaranya adalah paskibra, futsal, basket, menari (zelofus), teater, saman, chef, dsb. aku juga ingin masuk labschool karena ada banyak ekskul. Tapi, karena hanya boleh memilih maksimal 3 ekskul, jadinya aku memilih ekskul paskibra, panahan, dan saman.

Pertama, aku akan menjelaskan tentang ekskul paskibra. Iya, paskibra itu adalah kepanjangan dari pasukan pengibar bendera. Awal-awalnya aku masuk ekskul ini karena 'katanya' kalo masuk ekskul paskib bakal lebih gampang untuk menjadi osis, hehee... Tapi abaikan saja yak, sekarang aku nggak tergantung itu kok. Btw, walaupun keliatannya paskibra itu membosankan, tapi ternyata ngga lhoo. Terus kerjanya juga bukan hanya mengibar bendera saat upacara saja, tapi ada banyak lagi. Seperti ikut lomba paskibra, ataupun mengisi acara kalau sedang diadakan acara di labschool. Dan alhamdulillah, sampai sekarang labschool sering menjadi juara lho kalau ada lomba paskibra.. Oh iya, untuk menjadi anggota paskibra smp labschool, kami harus melewati beberapa rangkaian kegiatan yang disebut 'pelantikan paskibra'. Pada kegiatan itu, kami dilatih agar bisa menjadi pasukan yang kompak, pemberani, dan tentunya tahu banyak hal tentang paskibra. Apa lagi kalau tentang peraturan baris berbaris atau yang biasa disebut pbb. Sebelum dilantik, kami masih berupa calon paskibra (capas) smp labschool. Tetapi, setelah dilantik, kami menjadi paskibra smp labschool dan juga kami mendapat baju pdl untuk dipakai saat ekskul. Ekskul paskibra di smp labschool Jakarta dilaksanakan setiap hari senin dari jam setengah empat sampai jam setengah enam (dua jam). Mungkin itu saja yang dapat aku jelaskan tentang ekskul paskibra.

Kedua, adalah ekskul panahan. Aku ikut ekskul ini, karena nggak tahu kenapa, panahan itu terdengar seru bagiku. Ekskul ini dilaksanakan setiap hari kamis, dari jam setengah empat sampai jam setengah lima (satu jam). Alat alat yang digunakan untuk memanah antara lain adalah bow, anak panah, dan juga sasaran nya. Jujur saja, aku belom mempunyai semua alat-alatnya karena harganya mahal hehee.. Kalau saat ekskul aku biasanya meminjam dari qoach atau pelatihnya. Agar dapat memanah, kami harus kuat tangannya, baadanya harus tegak, dan kepalanya harus lurus. Awal-awalnya memang agak susah agar dapat memanah. Tetapi dengan latihan yang terus menerus lama kelamaan akan menjadi terbiasa dan lebih gampang. Memanah juga dapat melatih konsentrasi lhoo..

Yang terakhir, adalah ekskul saman. Seperti yang sudah diketahui, saman merupakan tarian yang berasal dari aceh. Tarian sangatlah unik walaupun hanya duduk dan yang bergerak hanya tangan saja, tetapi terlihat sangat keren. Ekskul ini dilaksanakan setiap hari jum'at jam satu sampai jam setengah tiga (dua jam setengah). Aku juga memilih ekskul ini karena dapat ikut melestarikan kebudayaan yang ada Indonesia dan juga dapat ikut kalau ada festival budaya di luar negeri, kan lumayan lho hehe..

Mungkin itu saja yang dapat aku jelaskan, terimakasih :)

You May Also Like

1 komentar